-->

Pendekatan IPTEK Dalam Pembelajaran PJOK

Monday, September 14, 2015

Pendekatan IPTEK Dalam Pembelajaran PJOK

   Para pembaca setia, kali ini saya akan menulis beberapa hal capaian pembelajaran PJOK yang kaitannya dengan teknologi dan komunikasi. Di era globalisasi ini, IPTEK telah menjadi bagian yang penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara di semua aspek kehidupan, termasuk didunia pendidikan. IPTEK memberikan kemudahan dalam mencari informasi-informasi penting bagi kebutuhan pendidikan dan pengajaran. Akses yang sangat mudah dan cepat untuk mendapatkan semua kebutuhan informasi, komunikasi dan interaksi melalui jaringan-jaringan offline ataupun online, tidak dipungkiri lagi sangat membantu kehidupan individu maupun kelompok dalam interaksinya terhadap perkembangan zaman.
   Prof. Dr. Soegiyanto,K.S., M.Pd dalam suatu seminarnya mengatakan bahwa "Pendidikan memiliki sasaran pedagogis, oleh karena itu pendidikan kurang lengkap tanpa adanya pendidikan jasmani, olahraga dan kesehatan, karena gerak sebagai aktivitas jasmani adalah dasar bagi manusia untuk menganal dunia dan dirinya sendiri yang secara alami berkembang searah dengan perkembangan zaman". Oleh karena itu mata pelajaran PJOK memiliki peranan yang sangat penting dalam dunia pendidikan yang dalam prosesnya mampu membina manusia yang berlangsung seumur hidup. Juga memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk terlibat langsung dalam berbagai pengalaman belajar melalui aktivitas jasmani, olahraga dan kesehatan yang terpilih dan dilakukan secara sistematis. Pembekalan pengalaman belajar diarahkan untuk membina pertumbuhan fisik dan pengembangan psikis yang lebih baik, sekaligus membentuk pola hidup sehat dan bugar sepanjang hayat.
   Pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan merupakan suatu usaha pendidikan dengan menggunakan aktivitas otot-otot besar sehingga proses pendidikan yang berlangsung tidak menghambat kesehatan dan petumbuhan fisik. Tujuan dari pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan adalah mengembangkan kompetensi fisik, membentuk rasa percaya diri, mengembangkan kemampuan sosial, membini sikap sportif, bekerjasama, saling membantu, toleransi dan berkompetisi secara sehat. Artinya pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan ditujukan pada pendidikan anak secara utuh, baik sebagai makhluk individu maupun makhluk sosial. Namun pada kenyataannya banyak sekali ditemukan hal-hal sebagai berikut:
  1. para guru PJOK dalam proses pembelajarannya cenderung pada melatih olahraga saja, sehingga ketertarikan hanya pada anak-anak yang berbakat pada olahraga saja yang jumlahnya tidak banyak. Akibatnya sebagian besar anak-anak yang tidak berbakat cenderung enggan mengikuti pembelajaran olahraga.
  2. para guru PJOK sering menuntut sarana dan prasarana yang lengkap dan sesuai standar olahraga, karena pada pelaksanaan pembelajarannya guru cenderung melatih teknik-teknik dasar kecabangan, bukan menjadikan olahraga sebagai sarana pembelajaran PJOK yang memberikan pengalaman belajar lebih luas baik psikomotor, kognitif dan afektifnya.
  3. para guru PJOK mendapat beban untuk mewujudkan tim olahraga sekolah yang tangguh dan berprestasi di setiap event-event antar sekolah baik lokal maupun naional. Namun harus dipahami pembentukan tim yang berprestasi itu melalui pembinaan ekstrakulikuler bukan pada saat pembelajaran PJOK.

Pemanfaatan Smartphone/Handphone/TAB Android

   Smartphone atau handphone android merupakan benda yang akrab dengan kehidupan peserta didik di setiap harinya. Saat mereka di rumah, sekolah, lingkungan, dan bahkan saat mereka bepergian pun tidak terlepas dengan smartphone atau handphone ditangannya. Untuk itu sudah saatnya dicoba untuk memanfaatkan smartphone/handphone android dalam proses pembelajaran PJOK. Suatu hasil penelitian dan bimbingan salah satu mahasiswa Pascasarjana Pendidikan Olahraga dengan melakukan pengembangan berbasisi multymedia android, dengan tujuan membantu dan mempermudah para peserta didik untuk melakukan kegiatan belajar melalui smartphone/handphone android. Rancangan aplikasi tersebut yaitu cabang olahraga renang, yang didalamnya peserta didik mudah mempelajari teknik-teknik berenang mulai dari teknik meluncur sampai teknik pertolongan dalam air. Aplikasi ini bisa digunakan sebagai fasilitas atau media dalam proses pembelajaran, dan dapat dilakukan pada sebelum, saat dan setelah pembelajaran berlangsung. Aplikasi ini bernama GoSwim, dan bisa di dapatkan dengan cara mendownload pada Playstore. Namun terdapat beberapa syarat yang bisa mendukung berjalannya aplikasi GoSwim ini, diantaranya adalah versi OS android minimal 4.0 (ICS).
   Begitu juga dengan TAB yang bisa kita gunakan untuk membantu dalam proses pembelajaran PJOK, baik untuk memahami konsep-konsep gerak, panduan untuk menilai dan mengreksi sesama teman, dan melakukan gerakan-gerakan yang benar. Perangkat elektronik dalam kehidupan sehari-hari tidak bisa kita hindari, malah sebaiknya kita dapat memanfaatkan alat-alat elektronik tersebut untuk kepentingan pembelajaran dalam dunia pendidikan.